Cara Memahami Kebutuhan Pelanggan Dengan Mudah

Cara Memahami Kebutuhan Pelanggan Dengan Mudah
cara meningkatkan bisnis

Cara Memahami Kebutuhan Pelanggan Dengan Mudah. Secara umum, tujuan didirikannya perusahaan bisnis adalah untuk mendapatkan keuntungan. Dan satu-satunya sumber keuntungan tersebut adalah pelanggan. Semua kegiatan penjualan, produksi, dan pemasaran memiliki tujuan yang sama yaitu untuk menarik minat pelanggan agar membeli produk dan jasa mereka dalam rangka untuk membawa keuntungan perusahaan.

Namun demikian, tidak semua perusahaan mengetahui dan memahami pelanggan mereka sepenuhnya dengan baik. Beberapa perusahaan gagal untuk mengambil waktu untuk mengenal pelanggan mereka dan berhubungan dengan mereka.

Mengetahui keinginan pelanggan adalah langkah yang cukup rumit dan penuh ketelitian. Karena berkaitan denga teknik pengambilan data, akurasi data dan keterampilan menganalisa data. Namun ada cara sederhana yang bisa dilakukan untuk mengetahui keinginan pelanggan terhadap sebuah produk. Yang intinya adalah mengetahui respon pelanggan terhadap sebuah produk yang aakan dijual. Berikut beberapa cara untuk mengetahui keinginan pelanggan.

Cara Memahami Kebutuhan Pelanggan

  1. Bertanya kepada pelanggan

Cara sederhana ini banyak dilupakan orang dalam menjual sebuah produk, penjual begitu yakin dengan asumsinya bahwa yang diinginkan adalah sesuai yang dia pikirkan. Padahal belum tentu. Contoh sederhana dari ini adalah seperti tukang potong yang selalu menanyakan model seperti apa yang diinginkan sebelum memangkas rambut.

  1. Jadilah pelanggan dari bisnis anda sendiri

Memposisikan diri sendiri seolah-olah anda adalah pelanggan bisnis anda sendiri, memberikan pemahaman sudut pandang jika anda adalah pelanggan. Apa yang mereka rasakan, apa yang mereka butuhkan dari produk. Dengan begitu anda bisa menyesuaikan produk sesuai sudut pandang pelanggan.

  1. Jangan ragu untuk minta maaf

Sebuah bisnis pasti tak akan luput dari sebuah kesalahan. Nah saat bisnis Anda melakukan sebuah kesalahan kepada pelanggan, segeralah meminta maaf dengan tulus pada pelanggan tersebut. Akui kesalahan Anda dan jangan lupa juga tawarkan solusi untuk pengganti kesalahan tersebut. Dengan mengakui kesalahan dan segera meminta maaf, Anda akan segera mendapatkan perhatian dan pemahaman dari mereka.

meningkatkan omzet bisnis
  1. Layani dengan baik

Untuk bisa mempertahakankan pelanggan agar tetap setia pada bisnis Anda, Anda tak bisa melakukannya dengan hal yang biasa-biasa saja. Apalagi jika memiliki pesaing bisnis yang banyak, maka Anda tak bisa lagi melayani pelanggan dengan layanan standar. Anda harus bisa memberikan layanan yang lebih baik dari pesaing agar pelanggan tak berpindah hati kepada yang lain. Memberi sesuatu yang tidak pernah dibayangkan pelanggan akan membuat kita lebih mudah diingat dan dipertahankan oleh mereka.

  1. Lakukan survey dari tenaga penjual yang anda miliki

Keinginan setiap pelanggan bisa Anda ketahui dari para tenaga penjual yang Anda miliki. Sebab, mereka adalah orang-orang yang paling mengerti apa yang menjadi keluhan pelanggan dan mengetahui pula apa yang banyak dicari pelanggan. Karena itu, jadikan tenaga sales sebagai tangan kanan Anda yang bisa membangun hubungan cukup kuat dengan pelanggan.

  1. Cerita pelanggan

Apabila Anda sudah akrab dengan pelanggan Anda maka teknik ini adalah sangat pas buat Anda jika Anda ingin mengetahui kebutuhan pelanggan Anda dan cara yang tepat untuk mempersiapkan produk yang tepat bagi pelanggan Anda tersebut. Jika Anda memiliki calon pembeli ajaklah mereka untuk berbincang-bincang terlebih dahulu dan hindari pembicaran mengenai penjualan, jika calon pembeli Anda tersebut memiliki waktu terbatas maka Anda bisa langsung menanyakan kebutuhan mereka.

  1. Keluhan pelanggan

Dalam keluhan pelanggan kita, terdapat hal yang bisa kita gunakan untuk menawarkan yang mereka sukai, artinya setiap keluhan pasti ada hal yang tidak menyenangkan di hati pelanggan tersebut, itu artinya tidak suka terhadap sesuatu, bila kita sudah mengetahui apa yang tidak mereka sukai maka dengan mudah kita akan mendefinisikan dan mencari tahu apa yang akan disukai oleh pelanggan kita tersebut. Dan hebatnya lagi jika pelanggan kita tersebut mengeluh dengan hebat terkadang mereka tidak akan menutup-nutupi apa yang ada di benak mereka. Aka lihatlah suatu keluhan tersebut sebagai kesempatan menawarkan produk Anda yang lebih bervariasi.

Cara Memahami Kebutuhan Pelanggan

Mengingat laris tidaknya sebuah produk di pasaran dipengaruhi oleh tinggi rendahnya keinginan konsumen, jadi pahamilah keinginan pelanggan Anda sebelum menciptakan sebuah produk ataupun pelayanan jasa. Maju terus UKM Indonesia dan salam sukses!

Nah, cukup mudah sekali kan untuk mengetahui bagaimana cara memahami kebutuhan pelanggan ini..? Silahkan pelajari tips-tips yang sudah di sebutkan di atas tadi supaya pelanggan anda tidak kabur.

Ayo, share informasi ini…!! Siapa tau informasi ini juga bermanfaat bagi orang-orang yang ada di sekitar anda. #sharetocare  🙂

kelbion - Kelas Bisnis Online
Silahkan Komen Disini
kelbion - kelas bisnis online
 
error: Hayoo...Mau Ngapain !! :D