Cara Menjalankan Bisnis Online Di Facebook


Cara Menjalankan Bisnis Online Di Facebook

Cara Menjalankan Bisnis Online Di FacebookBerkembangnya pengguna internet memicu bertambahnya pengguna situs jejaring sosial seperti Facebook, Twitter, Plurk, dll. Keadaan ini menimbulkan berbagai kehebohan di dunia online, setiap situs di internet berlomba-lomba untuk menempati posisi puncak sebagai raja jejaring sosial. Tapi saat ini Facebook-lah yang berhasil mengungguli situs jejaring sosial lainnya.

Melihat pengguna Facebook yang sangat banyak tersebut kini banyak pebisnis yang melirik situs jejaring sosial ini sebagai lahan berbisnis. Perlu kita ketahui bahwa banyak pebisnis di seluruh dunia yang sukses dengan membangun bisnisnya lewat Facebook. Orang kaya mendadak karena Facebook pun telah banyak.

Cara berbisnis melalui Facebook bisa dimulai dengan membangun toko online, menjaring konsumen dengan strategi pemasaran yang efektif, maka bisnis Anda akan mengalami kenaikan omset. Bisnis dengan Facebook tidak membutuhkan modal besar, dengan modal NOL pun Anda bisa mulai berpenghasilan. Berikut ini adalah cara-cara yang bisa anda lakukan.

Cara Menjalankan Bisnis Online Di Facebook

  1. Buat iklan yang menarik

Masyarakat di zaman sekarang lebih mengharapkan merek yang lebih humanis. Penyampaian dalam media sosial pun harus dilakukan secara hati-hati baik dari tekanan suara, visi, atau keahlian berbicara. Pikirkan bagaimana Anda ingin produk Anda diiklankan terhadap masyarakat, dan pastikan semua tim Anda menggunakan platform yang serupa.

  1. Fokus pada hasil yang dinginkan

Tujuan penggunaan media media yang valid untuk berbisnis harus melibatkan beberapa kriteria termasuk meningkatnya kesadaran akan pentingnya merek, layanan dan dukungan konsumen, atau manajemen reputasi. Jelasnya, platform tersebut dan cara Anda menggunakan media akan berbeda antara layanan terhadap konsumen dan meningkatkan reputasi bisnis.

  1. Update status

Update status, disini anda bisa melakukannya dengan akun pribadi atau akun khusus nama merk yang ingin di jual, tapi saya tidak mempermasalahkan ini karena yang terpenting adalah audience atau teman-teman anda di facebook sesuai target yang akan melihat status (jualan) yang anda tulis. Anda bisa dengan aliran hard selling ataupun  soft selling, karena masing-masing ada kelebihannya dan tidak salahnya menggabungkan, yang terpenting adalah terjadi penjualan/closing. Disini tidak sembarang teman yang kita add, tapi adalah teman-teman yang sesuai target market dan memang aktif di facebook, caranya berlanjut di bawah.

kelas bisnis online - kelbion
  1. Memperbanyak like dan membangun interaksi

Setelah Anda berhasil membuat sebuah halaman di Facebook maka langkah berikutnya adalah Anda perlu memperbanyak like di halaman tersebut. Ibaratkan halaman Anda sebagai sebuah saluran promosi. Ketika orang-orang tidak tahu tentang saluran promosi Anda, maka bisa jadi tidak ada orang yang melihat promosi Anda. Tidak ada orang yang melihat promosi Anda berarti tidak akan ada yang tahu tentang produk Anda. Oleh sebab itu, Anda perlu membangun audiens di halaman Facebook. Orang-orang harus menyukai halaman Anda agar mereka bisa melihat posting/promosi yang Anda bagikan di halaman Facebook. Singkatnya, Anda perlu memperbanyak fans (likers) di halaman Facebook Anda.

  1. Memperbanyak album foto

Kekuatan sebuah image tak bisa dipungkiri merupakan alat untuk mempermudah penyampaian deskripsi tutorial atau produk yang anda berikan. Jadi, berikan spesifikasi penampakan fisik yang tepat sesuai kondisi real pada konsumen anda. Hal ini juga merupakan teknik menanggapi komplain yang baik apabila ada problem pada transaksi atau efek tutorial yang anda berikan.

  1. Mencari teman sesuai target

Mencari teman sesuai target, mengapa? Ini dari strategi lanjutan yang di atas yaitu “update status”. Perlu di perhatikan sekali lagi, bahwasanya ketika kita menulis status (jualan) maka yang akan melihat adalah teman-teman facebook, untuk itulah perlunya mencari teman yang sesuai target market apa yang akan kita jual. Misalnya anda ingin menjual jersey (khusus juventus), Anda tinggal mencari pecinta klub juventus.

Cara Menjalankan Bisnis Online Di Facebook

Selain facebook yang anda jadikan sebagai media promosi dan berjualan alangkah baiknya kalau anda juga mempunyai sebuah blog atau website untuk menunjang produk atau bisnis anda, dimana dengan menggunakan blog atau wesite anda bisa memberikan detail dari masing-masing produk yang anda tawarkan sehingga segala informasi tentang produk bisa dikethaui oleh calon pembeli anda.

Demikian informasi tentang tips sukses bisnis online lewat facebook ini, semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda ya.

Yuk, share informasi ini…!! Mungkin informasi ini bermanfaat sekali untuk teman-teman Anda. #sharetocare  🙂

kelbion - Kelas Bisnis Online
Silahkan Komen Disini
kelbion - kelas bisnis online
 
error: Hayoo...Mau Ngapain !! :D