Peluang Usaha Pakan Ikan yang Menggiurkan


Peluang Usaha Pakan Ikan yang Menggiurkan

Peluang Usaha Pakan Ikan yang Menggiurkan. Kebutuhan akan pelet ikan  atau pakan ikan terutama untuk mencukupi pasar para peternak sangatlah besar, mengingat konsumsi masyarakat terhadap ikan juga yang semakin meningkat. Seringkali pasokannya di pasaran masih belum sepenuhnya memenuhi permintaan, sebabnya ikan ini bisa menjadi alternatif pilihan untuk di konsumsi selain daging dan juga ayam.

Dalam upaya memenuhi kebutuhan para peternak, usaha pembuatan pelet ikan ini bisa menjadi pilihan yang menguntungkan. Meski sebagian besar pasar pelet ini didominasi oleh industri pabrik besar, namun karena harganya yang cukup tinggi, pelet ikan hasil olahan rumahan masih bisa berpeluang mendapatkan bagian.

Bagi para peternak ikan, pemberian pakan berupa pelet ini menghabiskan sebagian besar biaya produksinya, bisa berkisar diatas 50% per setiap kali panen biaya untuk pelet ini dikeluarkan. Maka tidak heran mereka akan berupaya mencari celah untuk menekan pengeluaran ini, salah satunya dengan mencampur pemberian pelet antara hasil buatan pabrikan dengan hasil rumahan yang harganya lebih terjangkau.

Pellet merupakan kebutuhan pokok bagi para peternak, khususnya untuk peternak ayam, burung, kelinci, ikan, dan bahkan untuk babi. Sehingga dengan jumlah petani ternak yang besar tersebut, maka usaha pembuatan pakan ternak berupa pellet menjadi salah satu alternatif usaha yang menjanjikan. Berikut adalah langkah-langkah memulai usaha pembuatan pellet:

Peluang Usaha Pakan Ikan

  1. Menentukan jenis pakan ikan yang akan diproduksi

Langkah pertama yang anda lakukan adalah menentukan jenis pakan ikan apa yang akan diproduksi. Untuk menentukan jenis pakan ikan tersebut, ada baiknya didasarkan pada jenis ternak yang banyak dipelihara di daerah anda. Hal ini merupakan langkah hemat dalam memulai usaha pembuatan pakan ikan. Jika di wilayah anda banyak terdapat peternakan lele, maka sebagai langkah permulaannya lebih baik mencetak jenis pakan ikan saja.

  1. Mengumpulkan bahan dan alat pembuatan pakan ikan

Untuk membuat pakan ikan dapat dilakukan dengan metode manual atau menggunakan mesin cetak pellet (pelletizer). Misalnya untuk membuat pakan ikan bahan-bahan yang diperlukan antara lain:

kelas bisnis online - kelbion
  • 50 kg tepung ikan, biaya sekitar Rp 300.000
  • 30 kg biji jagung, biaya sekitar Rp 100.000
  • 20 kg dedak (katul), biaya sekitar Rp 60.000
  • 10 kg biji kacang kedelai, biaya sekitar Rp 70.000
  • 10 kg tepung sagu atau tepung kanji sebagai media perekat, biaya sekitar Rp 50.000

Sementara alat-alat yang diperlukan, diantaranya: mesin penggiling atau mesin membuat tepung/hummer mill (jika modal tidak mencukupi, bisa memakai jasa penggilingan); mesin mixing mill yang berfungsi mencampur bahan-bahan tersebut (harga sekitar 2 jutaan rupiah, namun bisa dilakukan secara manual), dan mesin cetak pellet (harga sekitar 3 jutaan rupiah, namun yang versi manual dibawah satu juta rupiah).

  1. Memulai proses produksi

Pembuatan pakan ikan bisa dikatakan sangat gampang, apalagi jika didukung oleh mesin-mesin otomatis, sehingga dalam sehari bisa memproduksi lebih dari 100 kg pakan ikan. Bahan-bahan yang telah dikumpulkan tersebut digiling menjadi tepung kemudian dicampur dalam mesin mixing atau secara manual pakai sekop. Suapaya bisa tercampur dengan rata tambahkan sedikit air.

Setelah bahan tercampur dengan sempurna, masukkan ke dalam mesin pencetak pakan ikan (pelletizer). Cetakan diameter lubang diameter pakan ikan ada berbagai jenis ukuran, antara 2 sampai 3 mm, dengan panjang pakan ikan berkisar ½ cm sampai 1 ½ cm. Setelah proses pembuatan pakan ikan selesai, tahap selanjutnya adalah pengeringan dengan cari diangin-anginkan sekitar 5 jam.

  1. Melakukan pemasaran

Pakan ikan yang sudah diproduksi tersebut siap untuk dipasarkan. Pemasaran biasanya dilakukan dengan menjual ke toko, pasar hewan, atau menjadi suplier bagi para petani ternak. Untuk ukuran produk jualnya bisa dikemas dalam plastik 1 kg, 5 kg, 10 kg, atau dalam sak karung ukuran 25 kg. Supaya sukses dalam usaha ini, kualitas pakan ikan dengan harga yang kompetitif menjadi kunci utamanya.

Oleh sebab itu, anda perlu belajar banyak tentang komposisi bahan yang tepat untuk memproduksi pellet yang bernutrisi baik sehingga dipercayai oleh para petani ternak.

Peluang Usaha Pakan Ikan

Demikian sekilas tentang peluang usaha pakan ikan ini. Semoga informasi ini bermanfaat sekali untuk anda yang ingin membangun usaha di bidang pakan ikan. #sharetocare  🙂

kelbion - Kelas Bisnis Online
Silahkan Komen Disini
kelbion - kelas bisnis online
 
error: Hayoo...Mau Ngapain !! :D