4 Etika Dalam Bisnis Online

 4 Etika Dalam Bisnis Online
cara meningkatkan bisnis

4 etika dalam bisnis online. Ingin punya bisnis online ? sudah pasti anda bisa, asalkan kita memahami etika bisnis tentunya. Apa itu etika bisnis? Etika merupakan aturan-aturan yang berkaitan dengan sopan santun, tata krama dalam berbisnis. Mengapa etika dalam bisnis online dibutuhkan ?

Karena kita tidak saling bertemu dengan pembeli atau pelanggan, sehingga untuk meyakinkan mereka, kita harus memahami terlebih dahulu tentang etika ini, agar para pembeli tidak merasa kecewa karena pelayanan kita.

meningkatkan omzet bisnis

4 Etika Dalam Bisnis Online Yang Harus Diterapkan

1. Bersifat jujur

Salah satu etika dalam bisnis online adalah kejujuran. jujur merupakan modal awal kita dalam menjalani bisnis. Tidak hanya bisnis online, tapi juga bisnis yang dilakukan dikantor-kantor. Jujur disini tidak hanya pada produk atau jasa yang kita tawarkan, tetapi juga isi web.

2. Ramah

Bagaimana kita bisa melayani pelanggan dengan ramah ? kitakan tidak pernah bertemu langsung ? mungkin seperti itulah pertanyaan yang ada dalam diri anda. Memang benar, bisnis online tidak memungkinkan bertemunya penjual dan pembeli secara langsung.

Tetapi pelanggan bisa menilai kita. Bagaimana ? tentunya dengan menggunakan kata-kata yang indah,sopan, serta mudah dimengerti. Jika menurut mereka tulisan-tulisan itu sopan dan menarik, maka pelanggan akan betah selama membuka web kita yang berisi berbagai penjualan produk anda.

Selain itu pula, pelanggan tentunya akan datang lagi ke web kita untuk mencari informasi yang mereka inginkan.

3. Menepati Janji

Menepati janji disini maksudnya, jika ada pelanggan yang memesan barang, kemudian kita janjikan besok akan dikirim, maka kita besok haruslah kita kirim. Saya pernah mempunyai pengalaman yang sedikit membuat saya trauma.

Satu tahun yang lalu saya pernah memesan rak sepatu dengan harga Rp. 70.000 termasuk ongkos kirimnya. Alamat toko tersebut berada dibandung. Kemudian setelah saya transfer uangnya, si punya toko bilang akan dikirim besok, karena hari ini JNE sudah tutup.

Akhirnya saya percaya. Keesokan harinya, saya bertanya lagi kepada sipunya toko online, lalu apa jawabannya ? “besok ya kami kirim, kami lagi sibuk, jadi belum sempat” begitulah jawaban yang saya terima setiap saya tanyakan. Setelah satu minggu, saya coba konfirmasi ulang. Dan ternyata ? si empunya toko tidak aktif nomornya. Saya ditipu.

Darisitu saya sedikit trauma jika akan membeli barang online. Nah, dari pengalaman buruk saya itu, saya harap anda bisa melakukan etika dalam bisnis online yang satu ini. Dan jangan lupa untuk menunjukkan bukti pengiriman atau resi dari pihak jasa pengiriman tersebut, untuk membuktikan bahwa anda benar-benar sudah mengirimnya.

4. Adil

Adil dalam bisnis online disini meliputi berbagai hal. Contohnya adil dalam harga men. Hargapun harus disesuaikan dengan kualitas barang.

Harga yang tidak sesuai sering kali membuat pelanggan atau konsumen kecewa. Akibatnya, mereka tidak akan membeli produk anda lagi, bahkan mereka akan menceritakan pada teman mereka tentang kekecewaan terhadap layanan anda sebagai online shop.

Dan bisa jadi, hal ini menjadi alasan bisnis online sepi pelanggannya. Tidak maukan hal itu terjadi?

4 Etika Dalam Bisnis Online

Itulah 4 etika dalam bisnis online, semoga anda bisa melakukan semua etika seperti diatas.

kelbion - Kelas Bisnis Online
Silahkan Komen Disini
kelbion - kelas bisnis online
error: Hayoo...Mau Ngapain !! :D