Apa Itu Inbound Marketing

Apa Itu Inbound Marketing
cara meningkatkan bisnis

Apa Itu Inbound MarketingInbound marketing mulai dikenal di tahun 2006 dan semakin populer di era serba digital. Bentuk pemasaran tradisional atau outbound marketing semakin tidak efektif dan dianggap mengganggu konsumen. Iklan di TV, koran, majalah, email, dan media lain seringkali tidak diinginkan sehingga makin banyak konsumen yang mengabaikan model pemasaran seperti ini.

Melihat masalah ini, inbound marketing menjadi solusi yang paling efektif. Apa itu inbound marketing?

Teknik ‘pemasaran masuk’ ini 180 derajat berlawanan dengan yang tradisional. Daripada menjangkau ke luar, teknik inbound justru memancing agar calon konsumen dengan senang hati “masuk”.

Apa Itu Inbound Marketing

Inbound marketing merupakan strategi pemasaran modern dimana kita berupaya supaya calon konsumen lah yang tertarik ingin mencari kita. Ini dilakukan dengan cara menyediakan konten-konten yang mampu menarik perhatian dan mendorong mereka untuk menjadi kustomer.

Inbound marketing berfokus untuk menyediakan konten berkualitas yang bermanfaat untuk calon konsumen.

Dengan menyediakan konten, calon konsumen akan tertarik atas manfaatnya. Proses ini terjadi secara alami tanpa mengganggu aktivitas. Pada akhirnya orang-orang ini mempunyai kemungkinan yang sangat tinggi untuk menjadi konsumen tetap.

Inbound marketing sejalan dengan teknologi di era digital sebab dapat dilakukan dengan memanfaatkan sarana dan teknik seperti Blog, Sosial Media, Search Engine Marketing, Content Marketing, Email Marketing, dan lain-lain.

Belum lagi melihat kebiasaan konsumen masa kini yang memanfaatkan internet dan mesin pencari untuk mendapatkan informasi. Inilah penyebab inbound marketing menjadi sangat populer. Dibandingkan dengan pemasaran tradisional, teknik ini lebih efektif, terukur, dan hemat biaya.

Strategi inbound marketing lebih memfokuskan tentang bagaimana caranya brand kita ‘ditemukan’ oleh konsumen yang sedang membutuhkannya. Metode-metode dalam melakukan inbound marketing antara lain adalah:

meningkatkan omzet bisnis
  • Content Marketing

Saat ini content marketing sedang banyak disebut sebagai strategi yang paling ampuh dalam melakukan inbound marketing. Contoh-contoh dari content marketing adalah, membuat whitepapers, ebooks, podcasts, blogs, serta infographics. Dari sekian banyak content marketing, cara yang paling simple adalah dengan membuat sebuah blog, karena sudah banyak sekali layanan blog dengan harga terjangkau seperti blogspot maupun wordpress yang sudah dapat dipakai oleh para pemilik brand.

  • Social Media Participation

Konten yang menarik dan bermanfaat akan cenderung di-share oleh masyarakat, dimana hal tersebut akan tersebar secara vira apabila kita memanfaatkan social media seperti Facebook dan Twitter secara maksimal. Hal tersebut akan menarik algoritma dari Google untuk meningkatkan performa ranking di search engine secara SEO (karena adanya penyebaran link). Apabila website kita sudah berada di top ranking Google search, hal tersebut akan mendorong terjadinya peningkatan visitor dan sales dari produk kita serta rekomendasi dari orang-orang yang pernah memakai produk kita.

Cara orang berbisnis selalu berubah dari tahun ke tahun. 20 tahun yang lalu, calon pembeli pasti akan membuka buku telepon atau Yellow Pages untuk mencari informasi mengenai barang atau jasa yang hendak dibeli. 10 tahun yang lalu, pembeli mulai mencari informasi melalui search engine seperti Google atau yahoo. Tapi sekarang calon pembeli mencari informasi mengenai barang atau jasa yang hendak dibeli melalui social media. Menanyakan komentar teman-temannya di social media mengenai barang atau jasa yang mau dibeli.

Jadi untuk melakukan inbound marketing Anda harus melakukan riset dan menentukan kira-kira calon pembeli produk atau jasa Anda berada di mana. Di internet, calon pembeli biasa dapat dijaring melalui Search Engine (Google, Bing, Yahoo) dan social media.

Keuntungan melakukan inbound marketing adalah Anda tidak perlu meninggalkan cara-cara outbound marketing. Jika memang Anda sedang dalam proses outbound marketing, Anda tidak perlu menghentikannya. Outbound marketing tersebut bisa dikombinasikan dengan inbound marketing. Anda bisa menawarkan ke para pelanggan Anda untuk bergabung dengan komunitas online Anda misalnya di forum atau Facebook page. Semakin banyak pelanggan yang bergabung dengan komunitas online Anda maka semakin besar efek dari inbound marketing yang dihasilkan. Ini menjanjikan lebih banyak pembeli potensial bagi bisnis Anda di masa yang akan datang.

Apa Itu Inbound Marketing

Demikian informasi tentang apa itu inbound marketing yang bisa anda ketahui. Semoga informasi ini bisa menambah wawasan anda ya.

Ayo, share informasi ini…!! Siapa tau informasi ini juga bermanfaat bagi teman anda. #sharetocare

kelbion - Kelas Bisnis Online
Silahkan Komen Disini
kelbion - kelas bisnis online
error: Hayoo...Mau Ngapain !! :D