Cara Cerdas Mengenal Target Market Anda

Cara Cerdas Mengenal Target Market Anda
cara meningkatkan bisnis

Cara Cerdas Mengenal Target Market AndaSaat anda memulai sebuah usaha, salah satu tugas utama anda adalah menentukan target market bagi usaha anda. Untuk membidik dengan tepat sebelumnya anda harus mengenal target market dengan baik. Dengan mengenal target market anda akan mampu menentukan potitioning usaha.

Ditengah persaingan yang semakin ketat dalam dunia bisnis memiliki target market yang sesuai merupakan hal terpenting. Bisnis berskala kecil mampu secara efektif untuk berkompetisi dengan perusahaan besar dengan membidik target market yang sesuai sasaran.

Tentunya strategi marketing dengan target market yang tepat akan lebih mudah untuk diterima, efisien, efektif dan mampu menjangkau klien potensial serta menciptakan sales.

Dengan target market yang jelas tentunya akan lebih mudah untuk menentukan bagaimana dan dimana anda harus mempromosikan bisnis anda menjadi bisnis sukses. Berikut ada beberapa cara cerdas mengenal target market anda yang bisa anda coba praktekkan.

Cara Cerdas Mengenal Target Market Anda

  • Bangun Fondasi

Anda tidak bisa berkomunikasi dengan audiens jika anda tidak mengenali siapa mereka dari tingkat demografinya. Untuk menentukan demografinya, anda perlu memikirkan ragam orang yang menjadi target brand anda. Misalnya, dari usia, jender, suku, latar belakang budaya, pendidikan, agama, dan status ekonominya.

Untuk setiap kelompok demografi yang anda tekankan, ciptakan suatu sosok bayangan dari data yang anda peroleh. Berikan nama, misalnya, Ina adalah perempuan berusia 25 tahun, bekerja sebagai copywriter di advertising agency, suku Jawa, lulus dari jurusan komunikasi, saat ini sedang menjalin hubungan dengan pria yang bekerja di bank, dan seterusnya. Karena audiens anda datang dari beragam latar belakang, coba ciptakan beberapa karakter lain untuk mempermudah proses membangun fondasi.

  • Lihat siapa kompetitormu

Semua kompetitormu pasti sudah melakukan berbagai riset tentang pelanggan mereka, bahkan mungkin tidak sedikit yang langsung melakukan action dengan riset yang sudah mereka temukan. Kalau mereka menargetkan audiens yang sama denganmu, observasilah dan belajar dari cara bagaimana mereka menulis dan beriklan untuk pelanggan potensial mereka. Tapi kalau audiensya berbeda denganmu, maka anda harus melakukan observasi lebih dalam lagi tentang siapa target audiensmu.

meningkatkan omzet bisnis
  • Lihatlah jenis produk atau jasa yang populer

Cobalah lihat apa saja produk atau saja yang sedang dan/atau pernah digunakan oleh mereka yang tidak berkaitan dengan bisnis anda. Lihatlah bagaimana mereka memposisikan brand tersebut? Jenis pesan seperti apa yang disampaikan oleh bisnis tersebut sehingga calon pelangganmu mau dan masih menggunakan brand tersebut. Dari situ anda bisa melihat jenis produk atau jasa apakah yang disukai oleh calon pelangganmu. Lebih baik lagi jika anda bisa meniru cara berjualan mereka, jangan lupa dimodifikasi.

  • Utamakan target pasar yang terjangkau

Utamakanlah taget pasar yang lebih mudah untuk dijangkau, seperti konsumen lokal misalnya. Sebelum melakukan perluasan jangkauan pasar secara nasional maupun internasional. Dengan demikian keuntungan bisa lebih besar karena ongkos transportasi atau distribusi bisa lebih rendah. Internet memang bisa memudahkan para pengusaha untuk menjangkau pasar seluas mungkin dengan cara yang terbilang mudah dan murah. Namun sebaiknya sabar menunggu sampai pasar lokal bisa dikuasai terlebih dahulu.

  • Bidik pasar yang anda kenali

Untuk memenangkan persaingan pasar, tentunya anda harus mengenal terlebih dahulu pangsa pasar yang hendak anda bidik. Dengan begitu, anda bisa memahami betul apa saja kebutuhan dan keinginan konsumen di lapangan. Contohnya saja bila anda seorang ibu rumah tangga yang merintis bisnis rumahan, maka tidak ada salahnya jika kemudian anda membidik target pasar dari kalangan ibu rumah tangga pula. Strategi ini terbilang cukup efektif, karena sebagai sesama ibu rumah tangga tentunya anda benar-benar memahami kebutuhan dan keinginan yang banyak dicari calon konsumen.

Cara Cerdas Mengenal Target Market Anda

Setelah memahami semua poin yang sudah di sebutkan di atas tadi, kini giliran anda untuk mencoba menjalankannya langsung di pasaran untuk mendatangkan untung besar setiap bulan. Asalkan harus dijalani dengan tekad dan tekun ya, agar semua usaha yang anda lakukan tidak sia-sia.

Demikian informasi tentang cara cerdas mengenal target market anda yang bisa segera anda praktekkan dalam bisnis yang akan anda jalani. Semoga berhasil dan salam sukses!

Yuk, share informasi ini…!! Siapa tau informasi ini bermanfaat sekali bagi orang-orang yang ada di sekitar anda. #sharetocare  🙂

kelbion - Kelas Bisnis Online
Silahkan Komen Disini
kelbion - kelas bisnis online
error: Hayoo...Mau Ngapain !! :D