Cara Mendapatkan Konsumen yang Loyal

Cara Mendapatkan Konsumen yang Loyal
cara meningkatkan bisnis

Cara Mendapatkan Konsumen yang LoyalDalam dunia bisnis atau usaha tentu tidak bisa terlepas dari dua unsur yaitu penjual dan pembeli. Ada pepatah lama mengatakan bahwa konsumen adalah raja. Pepatah itu benar adanya dan masih relevan dengan kondisi sekarang.

Penjual tidak akan bisa menjual kalau tidak ada pembeli, begitupun sebaliknya pembeli tidak akan bisa memenuhi segala keperluannya kalau tidak ada penjual.

Mempertahankan konsumen itu jauh lebih sulit daripada Anda mendapatkan pelanggan baru. Setiap kegiatan usaha atau bisnis akan bersaing untuk mempertahankan konsumen dengan banyak cara supaya konsumen tidak pindah ke lain hati.

Untuk Anda yang mempunyai bisnis atau usaha, ada beberapa cara mendapatkan konsumen yang loyal dan bisa segera Anda terapkan dalam bisnis yang sedang anda jalani saat ini.

Cara Mendapatkan Konsumen yang Loyal

  1. Tingkatkan kualitas produk bisnis anda

Hal yang pertama kali harus anda perhatikan benar-benar untuk bisa mendapatkan konsumen yang banyak dan berloyalitas adalah dengan membuat suatu produk bisnis yang berkualitas tinggi, apalagi jika anda membuat suatu produk bisnis atau usaha yang memiliki kesamaan atau kemiripan dengan produk bisnis yang dijalankan oleh orang lain, tentunya anda harus memproduksi produk tersebut dengan kualitas yang melebihi dengan produk serupa yang dihasilkan oleh pembisnis lain tentunya.

Alangkah baiknya jika anda membandingkan terlebih dahulu produk bisnis anda dengan produk bisnis orang lain, catat apa kelemahan dan keunggulan produk bisnis yang anda miliki, lalu perbaiki keleman tersebut.

  1. Meningkatkan layanan pelanggan dan konsumen

Untuk memperoleh konsumen dan pelanggan yang loyalitas Anda juga sangat perlu sekali untuk meningkatkan layanan, dengan menerapkan pelayanan yang baik maka akan membuat konsumen dan pelanggan selalu betah untuk datang dan membeli produk bisnis Anda, layanan yang baik juga dapat mempermudah pelanggan untuk memperoleh informasi yang akurat tentang produk barang atau jasa dari bisnis yang anda kelola.

Selain itu layanan pelanggan dan konsumen juga berfungsi untuk menampung komentar, keluhan dan feedback dari pelanggan dan konsumen tentang produk barang atau jasa dari bisnis Anda. Komentar, keluhan dan feedback inilah nanti yang akan menjadi evaluasi perusahaan Anda guna meningkatkan kualitas produk di masa depan.

  1. Ciptakan sebuah hubungan yang saling menguntungkan

Dalam memasarkan sebuah produk, tak jarang para pelaku pasar atau pedagang lebih mendominasi komunikasi yang terbangun. Mereka memposisikan para konsumen sebagai pendengar, dan pemasar sebagai narasumber utamanya. Strategi pemasaran seperti ini tentunya terbilang kuno, sebab sekarang ini para konsumen sudah mulai cerdas dan bisa menentukan produk-produk unggulan yang bisa memenuhi kebutuhan mereka. Oleh sebab itu, pastikan hubungan yang terbangun antara konsumen dan pelaku pasar bisa seimbang dan saling menguntungkan.

meningkatkan omzet bisnis
  1. Menghargai sudut pandang konsumen

Konsumen Anda sama ahlinya seperti Anda. Dengarkan ide dan masukkan dari konsumen karena mereka telah bekerja dengan konsumen mereka lebih lama dibandingkan Anda. Hal ini dapat membuat usaha-usaha Anda lebih efisien. Jika Anda menyediakan jasa kepada konsumen dari konsumen Anda, dengarkan kebutuhan mereka dan personalisasi pelayanan Anda sesuai dengan keinginan mereka.

  1. Gunakan strategi yang tepat

Sekali lagi, kegiatan marketing tidak bisa diremehkan dalam bisnis apapun. Seorang marketer yang cerdas harus pandai memanfaatkan peluang di pasar dan mengubanya menjadi profit. Dengan marketing yang tepat, konsumen akan merasa bahwa produk Anda mempunyai keunggulan dibandingkan dengan produk lain yang ada di pasaran.

  1. Berikan penawaran khusus atau diskon

Untuk mendapatkan banyak konsumen loyal sekaligus, Anda harus rela memberikan penawaran khusus berupa bonus atau diskon setiap pembelian produk dalam jumlah tertentu. Dengan metode sederhana ini, konsumen akan merasa diistimewakan dan mereka juga tidak akan enggan untuk mengeluarkan uangnya.

Cara Mendapatkan Konsumen yang Loyal

Tips-tips di atas merupakan tips sederhana yang bisa anda praktekkan dalam bisnis yang saat ini sedang anda jalani. Semoga dengan menjalankan tips yang sudah di sebutkan di atas tadi bisnis anda bisa berjalan lancar ya. Tentunya semua itu tidak lepas dari usaha dan sikap yang konsisten dalam menjalankannya.

Ayo, share informasi ini…!! Siapa tau informasi ini bermanfaat sekali untuk saudara anda yang ingin mendapatkan konsumen loyal. #sharetocare  🙂

kelbion - Kelas Bisnis Online
Silahkan Komen Disini
kelbion - kelas bisnis online
error: Hayoo...Mau Ngapain !! :D