Cara Menghadapi Persaingan Bisnis Dengan Cerdas

Cara Menghadapi Persaingan Bisnis Dengan Cerdas
cara meningkatkan bisnis

Cara Menghadapi Persaingan Bisnis Dengan Cerdas. Saat menjalankan bisnis, Anda pasti akan dihadapkan pada banyak tantangan, diantaranya munculnya pesaing dengan bisnis yang serupa. Munculnya pesaing seringkali membuat pelaku bisnis merasa cemas dan panik, apalagi kalau strategi pesaing jauh lebih bagus dan matang. Persaingan dalam bisnis merupakan hal yang wajar, sebab semua orang mempunyai hak yang sama untuk bisa meraup sukses. Asalkan persaingan dilakukan secara sehat, ayo saja, kenapa harus takut!

Salah satu strategi yang sering dilakukan pebisnis untuk menarik minat pelanggan adalah dengan memberikan potongan harga. Okey lah, cara tersebut mungkin berhasil meningkatkan angka penjualan, akan tetapi bagaimana dengan keuntungan yang Anda dapatkan? Keuntungan yang Anda peroleh jelas berkurang. Kalau hal tersebut dilakukan terus menerus, maka bersiaplah menghadapi kebangkrutan.

Lalu, apakah kita harus mengalah atau menyerah kalah sebelum berperang? Tidak, Pebisnis tangguh pantang mengibarkan bendera putih pada pesaingnya. Supaya sukses memenangkan persaingan dalam bisnis, simak informasi selengkapnya berikut ini :

Cara Menghadapi Persaingan Bisnis

  1. Konsep yang matang

Sebuah konsep bisnis yang matang juga sangat diperhatikan. Konsep bisnis yang terarah akan membantu kita untuk dapat mengenali berbagai potensi dan pangsa pasar yang ingin dituju. Selain itu konsep bisnis matang juga akan membuat bisnis bisa berjalan lebih maksimal. Dalam konsep bisnis, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan yaitu, selera masyarakat, karakteristik atau gaya hidup masyarakat, daya beli, sumber bahan baku, sampai adanya bisnis yang sama.

  1. Rencana bisnis

Perencanaan bisnis yang matang, dapat membantu kita membuat perencanaan bisnis yang terarah. Dalam bisnis tidak bisa asal-asalan karena dalam berbisnis, yang anda pertaruhkan adalah investasi yang cukup banyak. Jika perencanaan tak matang, semuanya akan sia-sia dan rugi besar.

Yang termasuk dalam business plan ini antara lain: menjabarkan konsep bisnis, visi misi, rencana pemasaran, karyawan, rencana promosi, rencana pengaturan keuangan, sampai dengan menentukan analisis risiko yang mungkin dialami dalam sebuah usaha. Dengan perencanaan yang matang, Anda dapat tentukan jalan keluar atau solusi atas setiap masalah yang mungkin akan dihadapi, termasuk menghadapi persaing bisnis yang sama.

  1. Fitur berbeda

Apabila produk Anda dan kompetitor mirip, buatlah fitur unggulan yang berbeda dari kompetitor. Pembeli akan tertarik dengan produk Anda yang memiliki fitur unggul meskipun harganya di atas produk kompetitor. Contohnya Apple, meskipun menjadi gadget termahal, namun fitur unggulannya membuat para fans Apple tetap setia membeli produk Apple.

meningkatkan omzet bisnis
  1. Fasilitas dan Kenyamanan

Di era digital ini, hampir semua hal dilakukan serba digital demi alasan kenyamanan dan kecepatan. Menjamurnya situs belanja online bisa menjadi indikatornya. Dengan memberikan fasilitas dan kenyamanan kepada calon pembeli atau customer, misalnya saja sebuah klinik melayani konsultasi online dengan pasiennya, tentu akan memberikan perbedaan dan membuat produk dan jasa Anda terlihat menarik.

  1. Kenali pesaing

Mencari tahu siapa pesaing dalam bisnis kita adalah salah satu hal yang penting dalam menjalankan bisnis. Cari tahu tentang produknya, berapa harganya, apa kelebihannya, dan sebagainya. Informasi itu sangat bermanfaat untuk menentukan strategis bisnis yang akan dijalankan.

  1. Sistem bisnis

Sebuah sistem bisnis yang baik akan membantu supaya bisa bertahan lebih lama dan mendapat keuntungan yang diinginkan. Buatlah sistem bisnis yang baik. Setelah pondasi bisnis dirasa kuat, maka lakukan perluasan pasar dengan berbagai sistem usaha yang diinginkan, misalnya membuka cabang atau franchise.

  1. Berikan voucher, bukan diskon

Memberikan voucher belanja tidaklah sama dengan memberikan diskon. Voucher belanja bisa menjadi investasi keuntungan yang anda dapatkan dari konsumen. Sedangkan diskon merupakan potongan harga. Tentu saja memberikan voucher ini harus dengan trik tersendiri. Berikanlah voucher kepada konsumen yang sudah membeli produk anda dan voucher tersebut baru bisa digunakan pada pembelian produk selanjutnya.

Voucher akan menjadi pengikat antara konsumen dengan Anda. Kecenderungan konsumen untuk kembali membeli akan lebih besar karena mereka tidak ingin menyia-nyiakan voucher yang telah mereka dapatkan pada pembelian sebelumnya. Dengan begitu secara tidak sadar Anda sudah melakukan treatment terhadap konsumen untuk menjadi pelanggan tetap.

Cara Menghadapi Persaingan Bisnis

Nah, sekarang anda sudah tau kan bagaimana cara menghadapi persaingan bisnis dengan cerdas ini. Selamat mencoba cara ini ya dan salam sukses selalu.

Share informasi ini yuk…!! Mungkin informasi ini bermanfaat sekali untuk saudara Anda. #sharetocare  🙂

kelbion - Kelas Bisnis Online
Silahkan Komen Disini
kelbion - kelas bisnis online
error: Hayoo...Mau Ngapain !! :D