Cara Meningkatkan Penjualan Melalui Mobile Marketing

Cara Meningkatkan Penjualan Melalui Mobile Marketing
cara meningkatkan bisnis

Cara Meningkatkan Penjualan Melalui Mobile MarketingSudah menjadi rahasia umum bahwa saat ini perangkat teknologi telah beralih dari penggunaan PC yang statis, menuju penggunaan mobile device yang jauh lebih dinamis. Tidak seperti penjualan PC yang semakin hari semakin menurun, penjualan smartphone dan tablet justru meroket.

Semua produsen smartphone berlomba-lomba mengeluarkan perangkat yang paling mutakhir dengan spesifikasi tinggi agar produknya ramai diburu orang – terlepas dari fakta bahwa dari spesifikasi tinggi tersebut tidak banyak pengguna yang mampu memanfaatkannya dengan optimal.

Ya! Memang smartphone dan tablet sekarang dimiliki orang tidak hanya karena fungsinya, aroma gengsi dan prestise turut membumbui ketika seorang calon pembeli smartphone menentukan pilihannya. Lalu apa hubungannya dengan efektifitas dalam proses marketing? Tentu ada!

Semakin beragamnya aplikasi di smartphone disinyalir menjadi salah satu penyebab mengapa tingkat penggunaan smartphone begitu tinggi. Selalu ada aplikasi yang membantu Anda dalam melakukan suatu pekerjaan.

Mulai dari berkirim pesan, menyimpan catatan saat rapat, menghitung jarak yang telah ditempuh selama jogging, mencari tempat makan yang enak, atau hanya sekedar melepas penat dengan bermain games.

Besarnya jumlah pengguna yang berakibat semakin seringnya akses terhadap konten mobile di smartphone, tentu akan selangkah lebih meningkatkan probabilitas keberhasilan sebuah program marketing.

Anda punya produk bagus pun belum tentu penjualannya bagus apabila tidak banyak orang yang tahu. Dengan menyasar kepada pengguna smartphone, salah satu syarat agar proses marketing produk Anda dapat berhasil telah dipenuhi. Berikut ini ada beberapa cara meningkatkan penjualan melalui mobile marketing yang bisa anda coba dalam bisnis anda.

Cara Meningkatkan Penjualan Melalui Mobile Marketing

  1. SMS marketing

Walaupun belakangan ini layanan chat kian menjamur, namun kebiasaan masyarakat untuk menggunakan SMS (short message service) dalam berkomunikasi ternyata masih tetap bertahan. Berdasarkan hasil data yang diperoleh dari Lembaga riset Informa, sedikitnya jumlah pesan yang dikirim melalui aplikasi chat mencapai 50 miliar pesan per hari, sedangkan pesan melalui SMS masih bertahan hingga 21 miliar pesan per hari.

Karenanya, sangat penting bagi para pelaku usaha untuk menyadari bahwa SMS bisa menjadi salah satu sarana pemasaran langsung yang bisa digunakan untuk mengirimkan pesan promosi guna mendongkrak penjualan produk setiap bulannya.

meningkatkan omzet bisnis
  1. Memanfaatkan aplikasi mobile

unculnya aplikasi mobile ternyata memberikan kemudahan bagi para pengguna handphone dibandingkan dengan layanan mobile browser. Dengan menggunakan aplikasi mobile, akses ke sebuah situs menjadi lebih cepat dan memudahkan konsumen dalam menjalankan aktivitas pengunduhan.

Bahkan menurut hasil survei Google menunjukkan bahwa 67% pengguna cenderung akan membeli produk atau layanan jika situs memberikan kemudahan. Oleh sebab itu bagi para pengusaha, aplikasi mobile merupakan salah satu peluang yang tak hanya bisa digunakan untuk meningkatkan brand awareness melalui iklan, namun juga untuk mengumpulkan data-data penting tentang pelanggan untuk kepentingan komunikasi.

  1. Membuat toko online yang mobile friendly

Seiring dengan meningkatnya penggunaan smartphone di Indonesia, para pelanggan pun mulai aktif mengakses internet melalui perangkat mobile-nya untuk mencari informasi dan membandingkan harga barang dari satu Toko Online ke toko online lainnya untuk mencari penawaran harga yang terbaik.

Karena itu, penting bagi Anda para pelaku usaha untuk mulai mengoptimalkan situs toko onlinenya agar mudah diakses melalui perangkat mobile. Meskipun hal ini belum terlalu diperhatikan para pelaku usaha, namun hasil survey mengatakan bahwa sebanyak 40% pengguna perangkat mobile mulai beralih ke toko milik para kompetitor karena mereka memiliki pengalaman buruk mengenai akses mobile.

Cara Meningkatkan Penjualan Melalui Mobile Marketing

Betapa teknologi sangat membantu kehidupan manusia saat ini. Memasarkan bisnis dengan media aplikasi mobile yang sudah kita bahas di atas merupakan upaya untuk memanfaatkan teknologi yang sudah tersedia.

Selain lebih praktis dan cepat, hasilnya pun lebih meningkat daripada hanya sekedar membuka bisnis dan menunggu ada pelanggan yang datang.

Demikian informasi tentang cara meningkatkan penjualan melalui mobile marketing ini. Semoga informasi ini bisa membantu anda dalam meningkatkan bisnis penjualan yang sedang anda jalani saat ini ya.

Yuk, share informasi ini…!! Siapa tau informasi ini juga bermanfaat sekali untuk teman-teman anda. #sharetocare  🙂

kelbion - Kelas Bisnis Online
Silahkan Komen Disini
kelbion - kelas bisnis online
error: Hayoo...Mau Ngapain !! :D