Cara Mudah Memulai Bisnis Ternak Lovebird

Cara Mudah Memulai Bisnis Ternak Lovebird
cara meningkatkan bisnis

Cara Mudah Memulai Bisnis Ternak LovebirdBisa dibilang susah-susah gampang. Usaha ternak lovebird sudah dimulai sejak tahun 2000-an silam karena memang prospek usaha ini sangat menjanjikan. Tapi, seiring dengan perkembangan jaman, usaha ternak lovebird ini semakin bertambah jumlahnya, sehingga berpengaruh terhadap harga jual lovebird di pasaran.

Cara beternak lovebird sendiri sebenarnya cukup mudah, berbekal tekad dan kemauan keras Anda dapat mencoba usaha ini. Tentu Anda harus paham betul jenis-jenis lovebird, bagaimana jenis kandang lovebird, cara menjodohkan lovebird dan lainnya. Nah, Dalam postingan ini kami akan bagikan informasi tentang bagamana tips beternak lovebird untuk pemula.

Ada beberapa hal yang harus Anda pahami kalau Anda ingin terjun di dunia ternak love bird. Dengan cara yang akan kami bagikan ini Anda bisa menghasilkan anakan banyak dengan biaya yang relatif murah.

Cara Mudah Memulai Bisnis Ternak Lovebird

  1. Persiapakan kandang perjodohan dan gelodok

Kalo kira-kira 1-2 minggu perjodohan berhasil nah sekarang saatnya mempersiapkan kandang perjodohan dan Gelodok ( kandang kayu )  ukuran kotak yang ideal berukuran 20cmx20cmx25cm dan kadang besi yang berukuran 50cmx50cmx50cm tempatkan juga tempat bertengger 2 tangkai. Jangan lupa persiapkan bahan sarang ini bisa berupa serutan kayu,rumput kering atau pun sobekan koran karena pada saat bertelur sang betina biasanya akan mencari bahan sarang untuk menghangatkan telurnya.

  1. Umur lovebird

Perhatikan umur lovebird ini cukup penting lovebird yang terlalu muda ( 7-9 bulan ) akan sering menemukan kesulitan dalam proses penetasan sehingga banyak kegagalan dalam proses ini karena pada umur tersebut lovebird belum terlalu matang untuk berproduksi. Idealnya tunggu sampai mereka berumur setahun.

meningkatkan omzet bisnis
  1. Pengeraman

Pada proses ini jaga agar lingkungan kandang tenang ini supaya lovebird dapat fokus mengeram dan mendapatkan hasil terbaik. Saya menganjurkan agar jangan terlalu sering melihat-lihat situasi kandang atau malah megang telurnya karena banyak breeder biasanya penasaran atau tidak sabar menunggu kedatangan si anak lovebird.

Pada proses pengeraman 21-24hari itulah saatnya proses penetasan. Tetapi ketika telur tidak menetas setelah 26 hari kemungkinan telur tersebut tidak menetas dan bisa di ambil agar lovebird bisa bertelur lagi. Kalo mau mengetahui kondisi telur kita bisa ambil telur tersebut lalu kita pecah apabila kondisi telur tersebut masih utuh, masih ada putih dan kuning telurnya berarti telur terseut tidak dibuahi. Namun apabila tersebut busuk berarti gagal dalam pengeramannya.

  1. Penetasan

Jika telur-telur lovebird sudah menetas, maka biarkan anakan tersebut diloloh oleh induknya. Kalau anda ingin indukan bertelur lagi, maka bisa dengan cara mengambil anakan yang sudah berusia 10 hari dan anda loloh sendiri. Tapi kami menyarankan kepada nada, biarkan anakan diloloh induknya sendiri, sebab jika anda belum paham betul bagaimana cara meloloh, bisa berakibat fatal pada anakan tersebut.

  1. Makanan anakan lovebird

Anakan burung lovebird yang baru menetas belum bisa kita berikan pakan seperti sang induk, namun ada beberapa pakan alternatif yang bisa kita berikan, jika anakan kita asuh secara mandiri, maka bisa kita berikan berupa bubur bayi instan yang biasa di konsumsi oleh manusia yang sangat banyak kita temukan di toko khusus bayi.

Akan lebih bagus, untuk tata cara pemberian dan penyajian silahkan di ikuti dalam petunjuk isi kemasan, biasanya di berikan air hangat dan di aduk hingga merat, lalu kita lolohkan menggunakan pipet kepada anakan burung lovebird tersebut.

Sebaiknya setelah anakan lovebird telah berusia 7-10 hari, kita ambil dari sang induk dan kita lakukan perawatan secara mandiri, berikan pakan selama 3-4 jam sekali, jangan memberikan pakan terlalu kenyang, namun berikan secara rutin akan lebih tepat dan berikan secara teratur.

Nah, setelah anakan lovebird telah memasuki umur satu bulan lebih,maka pakan bubur bisa kita selingi dengan pakan lain, seperti sayuran, buah, pelet yang tentunya semua di haluskan supaya anakan lebih mudah untuk mencerna atau juga bisa di berikan pakan lain seperti pakan induk dewasa untuk melatih anakan supaya terbiasa memakan pakan seperti di habitat liarnya.

Cara Mudah Memulai Bisnis Ternak Lovebird

Nah, sekarang anda sudha tau kan bagaimana cara mudah memulai bisnis ternak lovebird ini. Semoga informasi ini bermanfaat untuk anda yang sedang mencari panduan ternak lovebird.

Share informasi ini yuk…!! Siapa tau informasi ini bermanfaat juga untuk teman anda yang ingin mencoba bisnis ternak lovebird. #sharetocare  🙂

kelbion - Kelas Bisnis Online
Silahkan Komen Disini
kelbion - kelas bisnis online
error: Hayoo...Mau Ngapain !! :D