Cara Sukses Budidaya Ikan Lele Bagi Pemula

Cara Sukses Budidaya Ikan Lele Bagi Pemula
cara meningkatkan bisnis

Cara Sukses Budidaya Ikan Lele Bagi PemulaIkan lele merupakan salah satu jenis ikan yang sanggup hidup dalam kepadatan tinggi. Ikan ini memiliki tingkat konversi pakan menjadi bobot tubuh yang baik. Dengan sifat seperti ini, budidaya ikan lele akan sangat menguntungkan bila dilakukan secara intensif.

Terdapat dua segmen usaha budidaya ikan lele, yaitu segmen pembenihan dan segmen pembesaran. Segmen pembenihan betjuan untuk menghasilkan benih ikan lele, sedangkan segmen pembesaran bertujuan untuk menghasilkan ikan lele siap konsumsi. Pada kesempatan kali ini kami akan membahas cara sukses budidaya ikan lele bagi pemula. Mari simak informasinya di bawah ini…!!

Cara Sukses Budidaya Ikan Lele Bagi Pemula

  1. Kolam

Pilih kondisi kolam yang paling cocok dengan memperhatikan lingkungan sekitar, dana dan tenaga. Kolam yang dipilih biasanya koolam lahan terpal, kolam tanah, kolam semen, jaring apung dan karamba. Masing-masing kolam memiliki kelebihan dan kelemahan masing-masing.

Untuk kolam buatan seperti kolam tanah, semen dan terpal perlu diberi perlakuan khusus agar tempat tersebut nyaman untuk tumbuh kembang lele. Biasanya adalah pengapuran, kegiatan ini dapat meningkatkan nutrisi atau pakan untuk ikan.

  1. Air kolam

Persiapan air kolam ini juga wajib dan berperan sangat penting, karena banyak penyakit dan tingginya angka kematian ikan lele yg penyebabnya karena kondisi air yang tidak memenuhi syarat, misalnya PH airnya, banyak pengusaha ternak ikan lele hanya sebatas mengetahui saja bahwa PH yang baik uutuk ikan lele adalah antara 7 s/d 8, tapi tidak menerapkannya.

Hal ini sangat merugikan, khususnya dalam usaha budidaya ikan lele, jangan menebar benih ikan lele dengan kondisi PH yang belum memenuhi syarat, sebaiknya gunakan alat pengukur PH agar tepat. Air bisa memakai air dari sumber manasaja, dengan syarat kadar besi rendah. Kalau air PAM wajib diendapkan dulu 1-3 hari, supaya koporit menguap.

  1. Pemilihan benih

Faktor kesuksesan budidaya lele yaitu pemilihan benih yang berkualitas.  Pemilihan benih yang berkualitas dapat dilakukan dengan cara melihat ciri-cirinya yaitu benih sehat tidak cacat dan gerakannya lincah serta bebas dari segala penyakit. Sebaiknya benih yang dipilih ukurannya berkisar 5-7cm dengan ukuran yang seragam agar ikan tumbuh serempak dikarenakan sifat ikan lele yang kanibal.

meningkatkan omzet bisnis
  1. Tebar benih

Kalau kolam sudah siap dan benih lele berkualitas sudah anda dapat, selanjutnya tebarkan bibit lele ini di kolam sesuai dengan ukuran kolam. Sebagai patokan berapa idealnya lele yang mesti anda masukkan ke kolam, pada kolam yang ukurannya 2 x 1 x 1 meter, anda bisa masukkan 1000 benih lele. Kalau ukurannya lebih besar, tentu perlu andakamu tambah juga jumlah lele yang perlu anda masukkan.

Oh ya, kalau bibit lele yang baru anda beli sebaiknya tidak langsung dimasukkan ke kolam lele. Tapi harus dilewati proses adaptasi lebih dulu dengan memasukkannya pada wadah yang berisi air dari kolam. Agar bibit lele ini bisa beradaptasi dan tidak gampang mati. Diamkan bibit lele ini sekitar 30 menit di wadah berisi air dari kolam lele, baru setelah itu boleh anda cemplungkan pada kolam ikan lele.

Perlu anda pilih juga waktu terbaik untuk memasukkan bibit lele ini ke kolam. Waktu terbaiknya adalah pada pagi atau malam hari. Sebab saat itu kondisi air lebih stabil.

  1. Makanan untuk ikan lele

Pakan ikan lele umumnya adalah sentrat ikan atau pelet. Diberikan 3-4 kali sehari, yakni pagi sore dan malam. Harga pakan lele yang cukup mahal merupakan biaya produksi yang patut dicari solusinya. Kita bisa menggunakan kroto (anakan kerangkang), ikan kecil, ayam mati dari peternak unggas atau cacing sebagai pakan alami.

  1. Panen lele

Setelah memelihara selama 90 hari, lele ini pun siap anda panen. Anda perlu pilah kembali ikan lele yang siap panen sesuai dengan besar dan beratnya. Biasanya ukuran lele yang siap jual antara 4 sampai 7 kg.

Cara Sukses Budidaya Ikan Lele Bagi Pemula

Nah itu tadi adalah bahasan tentang cara sukses budidaya ikan lele bagi pemula. Semoga informasi diatas bermanfaat dan bisa menginspirasi anda untuk mencoba budidaya ikan lele.

Ayo, share informasi ini…!! Mungkin informasi ini juga bermanfaat untuk kerabat anda yang ingin menjalankan bisnis budidaya ikan lele. #sharetocare  🙂

kelbion - Kelas Bisnis Online
Silahkan Komen Disini
kelbion - kelas bisnis online
error: Hayoo...Mau Ngapain !! :D