Strategi Agar Negosiasi Berjalan Lancar

Strategi Agar Negosiasi Berjalan Lancar
cara meningkatkan bisnis

Strategi Agar Negosiasi Berjalan LancarNegosiasi adalah proses tawar menawar dengan cara berunding guna mencapai kesepakatan yang sudah disetujui oleh kedua belah pihak atau sebuah organisasi. Negosiasi sendiri berasal dari kata Inggris negotiate dalam arti bermusyawarah, serta merundingkan. Dengan adanya proses negosiasi kerja sama menjadi semakin lebih mudah dari kedua belah pihak.

Namun dalam melakukan seni bernegosiasi diperlukan batasan-batasan agar tetap berjalan lancar dan berakhir dengan damai dan saling menguntungkan. Lalu apa saja batasan atau hal-hal yang perlu diperhatikan dalam bernegosiasi? Nah bagi anda yang ingin mengetahuinya, silahkan ikuti pembahasannya di bawah ini!

Strategi Agar Negosiasi Berjalan Lancar

  • Hindari kata-kata yang kurang meyakinkan

Calon klien anda bisa jadi ragu terhadap kredibilitas perusahaanmu, kalau pada saat negosiasi tidak berjalan lancar. Hal ini bisa saja terjadi jika saat negosiasi, anda mengeluarkan kata hubung seperti “uhm”, “ah”, “uh” dan lain sebagainya. Selain menghilangkan kredibilitas perusahaanmu, kata-kata gumaman seperti itu juga akan merusak momen proses negosiasi yang tengah berlangsung. Hasil studi mengatakan bahwa penggunaan kata sepeti itu, akan mengurangi nilai worth-to-buying produk/jasa kamu. Jadi, berhati-hatilah.

  • Perhatikan bahasa tubuh

Saat berbicara, baik secara sadar maupun tidak, pasti ada beberapa bagian tubuh yang mengikuti pergerakan saat anda berbicara. Pada saat negosiasi, dalam situasi ditolak dapat dipastikan ekspresi wajahmu akan berubah, cobalah untuk mengontrolnya supaya tidak terlalu tampak saat berbicara. Saat berbicara dengan klien, hindari memegang sesuatu seperti tas atau apapun yang dapat membuatmu semakin terlihat gugup. Jika anda ingin menolak secara halus, cukup mengangguk dan tersenyum, cara ini merupakan cara yang paling mudah untuk penolakan pendapat. Nah, giliran anda yang berbicara mulailah ungkapkan apa yang anda rasakan. Ini hanyalah segelintir cara agar negosiasi yang anda lakukan dengan calon klien dapat berjalan lancar.

  • Selalu mempunyai rencana cadangan

Sebagai seorang pebisnis cerdas, selalu jaga pilihan anda untuk tetap terbuka. Sebuah negosiasi mungkin tidak selalu berakhir akan mendukung apa yang anda mau. Hal ini lah yang menjadi alasan mengapa anda harus pintar berfikir tentang membuat pilihan alternatif anda. jadi kalau salah satu rencana gagal, anda siap dengan strategi menguntungkan lainnya.

  • Memahami sudut pandang klien anda

Seperti negosiator yang benar, lakukan negosiasi dengan pikiran terbuka. Praduga di kedua sisi bisa dengan mudah memecah negosiasi untuk setiap kemitraan di masa depan. Anda harus mencoba dan memahami bahwa klien anda mungkin mempunyai sudut pandang yang berbeda sama sekali. Setelah anda menerima ini, negosiasi bisa bergerak maju dengan lancar.

meningkatkan omzet bisnis
  • Memisahkan pokok masalah

Memisahkan pokok-pokok permasalahan yang sedang dinegosiasikan dengan pihak klien. Dalam hal ini yang perlu diketahui adalah dengan memisahkan masalah pribadi dengan proses negosiasi. Ketika sedang mengalami permasalahan jangan sampai diikut sertakan dalam proses negosiasi. Hal ini dapat menghambat proses tersebut. Tidak heran jika suatu perusahaan memiliki tim untuk bernegosiasi, dengan begitu akan mengurangi konflik dengan pihak klien.

  • Memberikan solusi pada klien

Hal yang perlu diperhatikan yang keempat dalam proses negosiasi adalah dengan memberikan solusi pada lawan jika mengalami kesulitan dalam proses tersebut. Usahakan untuk mencari sebuah solusi agar proses negosiasi akan tercapai. Untuk itu sebaiknya anda mempersiapkan solusi untuk mengatasi proses negosiasi yang dapat berjalan lama.

  • Selesaikan proses negosiasi dengan cepat dan tidak bertele-tele.

Hindari faktor-faktor yang bisa melelahkan lawan seperti proses negosiasi yang terlalu lama, tempat negosiasi yang tidak kondusif,dll. Karena faktor-faktor tersebut cenderung membuat lawan jadi emosional dan berbalik menekan kita.

  • Riset, riset dan riset.

Hal terpenting dalam negosiasi sering berkaitan dengan etika dan budaya. Negosiator ulung selalu melakukan riset untuk mengetahui karakter lawannya. Apa latar belakangnya, kebiasaan, hobi, kesukaan, dll. Terbukti bahwa kebanyakan kontrakbesar bisnis dimenangkan bukan di meja rapat, tapi di lapangan golf,kapal pesiar atau restoran.

Strategi Agar Negosiasi Berjalan Lancar

Nah, sekarang anda sudah tau kan bagaimana strategi agar negosiasi berjalan lancar. Silahkan coba strategi ini dalam menjalankan usaha anda. Salam sukses!

Ayo, share informasi ini…!! Semoga informasi ini juga bermanfaat sekali untuk teman anda. #sharetocare  🙂

kelbion - Kelas Bisnis Online
Silahkan Komen Disini
kelbion - kelas bisnis online
error: Hayoo...Mau Ngapain !! :D