Strategi Pemasaran Produk yang Efektif

Strategi Pemasaran Produk yang Efektif
cara meningkatkan bisnis

Strategi Pemasaran Produk yang EfektifDalam dunia bisnis tentunya sangat dibutuhkan sebuah strategi dalam proses produksi hingga proses pemasaran, supaya usaha yang dijalani bisa berkembang seperti yang di inginkan. Selain itu teknik pemasaran bisa dikatakan sebagai kunci keberhasilan dari penjualan produk. Teknik pemasaran yang baik didukung oleh strategi pemasaran yang efektif.

Dengan strategi tersebut, proses marketing bisa dipertahankan, bahkan cara baru dalam memasarkan produk juga bisa kita temukan dan membuat pelanggan semakin loyal. Berikut beberapa strategi pemasaran produk yang efektif.

Strategi Pemasaran Produk yang Efektif

  1. Mengenali pelanggan

Lakukan identifikasi terhadap target pasar anda. Misalnya, jika usaha anda bergerak dalam pemasaran fashion Korea, anda bisa membidik kalangan remaja yang identik dengan demam Korea.

Jika usaha anda bergerak dalam pemasaran sepatu wedges, anda bisa membidik para wanita dengan rentang umur 20-35 tahun. Identifikasi yang tepat dapat mempermudah anda dalam menyusun strategi pemasaran yang efektif dan menghindarkan anda dari pembuangan biaya dan waktu yang sia-sia.

  1. Melakukan promosi

Lakukan pengenalan produk/promosi kepada konsumen dengan cara yang kreatif. Sebisa mungkin, anda harus melakukan promosi yang konsisten dan terus-menerus.

Misalnya setiap kali anda bepergian, anda bisa membawa brosur dan pamflet berisi produk usaha anda untuk dibagikan kepada orang yang dituju, keluarga, rekan kerja, ataupun disebarkan di tempat-tempat umum. Bisa juga dengan membuat status mengenai produk usaha anda di sosial media.

Selain itu, amatilah bagaimana promosi yang diterapkan oleh para kompetitor. Jika promosi anda lebih menarik, silahkan melanjutkan. Namun jika promosi kompetitor jauh lebih menarik, segera siapkan promosi yang lebih unik, kreatif, dan menarik.

Satu lagi cara promosi yang dapat anda lakukan adalah dengan berpromosi dari mulut ke mulut. Tak dapat dipungkiri bahwasannya cara ini dapat menjaring pelanggan jauh lebih banyak. Dengan berbagai cara ini, anda dapat menemukan pelanggan dengan sendirinya.

  1. Jalankan dengan komitmen

Semua orang ingin kebenaran dan kejujuran, untuk itu anda ketika telah berjanji akan memberikan missal ongkir gratis pada pembeli produk anda maka penuhilah janji itu, begitu juga dengan janji kualitas barang anda jangan membedakan konsumen tapi komitmenlah dalam memberikan pelayanan terbaik pada konsumen bisnis online maupun ofline yang anda jalankan.

meningkatkan omzet bisnis
  1. Menggunakan internet marketing

Salah satu strategi pemasaran yang sedang gencar dilakukan ialah internet marketing. Dengan menampilkan produk usaha anda pada situs jejaring sosial, maka anda dapat mengetahui bagaimana selera konsumen dan apa yang mereka butuhkan. Semakin hari aktivitas jual beli melalui online shop semakin marak dilakukan. Para konsumen cenderung ingin berbelanja dalam ruang yang lebih privat dan terhindar dari keramaian.

Internet membuka pintu yang lebar bagi anda untuk berinovasi. Anda dapat menampilkan produk usaha anda pada website, blog, facebook, dan situs lainnya, dengan memasang foto-foto yang sekiranya dapat menarik konsumen. Dengan menggunakan internet marketing, anda juga dapat berinteraksi secara langsung dengan konsumen tanpa dibatasi ruang dan waktu dengan kenyamanan-kenyamanan tersendiri kepada pelanggan.

  1. Selalu fokus pada apa yang dikerjakan

Kekuatan fokus terbukti dapat mengantarkan perusahaan Apple menuju kesuksesan. Perusahaan Apple focus pada produknya dan sanggup menghasilkan miliaran dolar hingga kini. Kesuksesan Apple tersebut karena mereka fokus dengan sumber daya mereka dan produk yang lebih sedikit tapi inovatif. Fokus tidak berarti anda menjual lebih sedikit. Sebaliknya, anda dapat meningkatkan produksi Anda di wilayah tertentu.

  1. Evaluasi dan peningkatan produk

Lakukan evaluasi secara rutin dengan tim untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan yang selama ini terjadi. Evaluasi penting dilakukan agar peningkatan produk dapat terjadi. Karena tanpa adanya inovasi produk maka produk kita akan kadaluarsa dan kalah dengan pesaing.

Strategi Pemasaran Produk yang Efektif

Prinsip-prinsip pemasaran tetap sama, namun gaya dan nuansa terus berubah. Yang paling penting untuk diingat adalah bahwa tehnik dan cara marketing tidak pernah berakhir. Berjuang untuk kesempurnaan adalah tujuan akhir dan sekali proses ini berhasil ditetapkan maka menjadi keuntungan sesuai tujuan yang bisa direalisasikan melalui cara pemasaran.

Ayo, share informasi ini..!! Siapa tau informasi ini bermanfaat untuk teman anda yang membutuhkan. #sharetocare  🙂

kelbion - Kelas Bisnis Online
Silahkan Komen Disini
kelbion - kelas bisnis online
error: Hayoo...Mau Ngapain !! :D