Tips Membentuk Tim Kerja yang Solid

Tips Membentuk Tim Kerja yang Solid
cara meningkatkan bisnis

Tips Membentuk Tim Kerja yang SolidDalam suatu organisasi apapun, akan selalu diharapkan terciptanya tim kerja dengan kerjasama yang kompak nan solid. Tak hanya efektif, kerjasama tim yang kompak dan solid juga akan menciptakan suatu pertumbuhan positif di dalam organisasi.

Kalau dalam organisasi bisnis, tim kerja yang kompak dan solid akan mampu mendorong perusahaan untuk mengimbangi atau bahkan mengalahkan para pesaingnya, baik dari segi penjualan, investasi, inovasi produk, dan sebagainya. Isu mengenai kerjasama tim yang buruk, tidak kompak dan tidak solid memang selalu menjadi momok bagi para manajer, atasan, dan para owner bisnis.

Seperti yang anda ketahui juga, tidak akan ada satupun dampak positif yang dapat dirasakan dengan adanya kerjasama tim yang buruk. Boro-boro dampak positif, malah dampak negative yang ada. Ada banyak penyebab kenapa suatu tim kerja yang telah anda bangun tidak memiliki kerjasama yang baik, dan yang paling sering terjadi adalah karena adanya konflik di dalam tim itu sendiri, tidak ada rasa saling menghormati, tidak ada kepercayaan, dan masih banyak lagi.

Sebagai seorang atasan, manajer, atau owner perusahaan, anda tentu saja sangat menginginkan tim anda bekerjasama dengan kompak dan solid. Tapi, apa dayalah jika kenyataannya malah berkebalikan. Namun begitu, bukan berarti anda tidak dapat memperbaikinya. Ada beberapa cara yang dapat anda lakukan untuk membangun kerjasama tim seperti yang anda harapkan. Nah, cara apa sajakah itu? Simak ulasannya berikut ini.

Tips Membentuk Tim Kerja yang Solid

  1. Terbuka dengan ide-ide yang baru

Hal yang mendasar yang harus and lakukan ialah dengan memberikan ruang serta kesempatan pada anggota tim anda untuk mengungkapkan ide serta kreatifitas yang mereka miliki.

Terbukalah dengan ide-ide yang baru, jangan pernah memandang remeh bawahan anda karena terkadang ide yang brilian bisa datang dari siapa saja, bahkan dari orang yang tidak pernah anda duga sebelumnya. Maka dari itu, berikan kebebasan pada bawahan anda untuk menyampaikan ide mereka, siapa tau ide yang mereka sampaikan tersebut memang bagus untuk diterapkan dalam bisnis anda.

  1. Berikan contoh yang positif

Dalam usaha memberikan contoh yang popsitif kepada anggota tim anda, akan lebih baik jika bukan hanya melalui omongan saja, melainkan juga dengan tindakan yang nyata. Motivasi adalah salah satu hal yang sangat penting dalam sebuah tim kerja, namun suatu contoh tindakan nyata akan terasa lebih berguna dalam hal ini.

Setiap orang yang terlibat dalam sebuah tim kerja tentu selalu membutuhkan tauladan yang bisa dijadikan sebuah motivasi bagi mereka. Untuk menerapkan hal tersebut anda bisa melakukannya dari mengerjakan hal yang sederhana terlebih dahulu didepan mereka, sehingga secara tidak langsung mereka akan tergerak dengan sendirinya melihat pemimpin mereka mengerjakan sesuatu secara langsung.

meningkatkan omzet bisnis
  1. Sesuaikan tugas dan kemampuan

Seorang leader harus memahami kemampuan setiap anggotanya, agar ketika memberikan tugas tidak terjadi penyimpangan. Setiap orang itu berbeda, jadi berikan tugas yang sesuai dengan kemampuan anggota. Namun beberapa kali Anda juga bisa memberikan challenge untuk mengerjakan tugas yang ada di luar kemampuan anggota anda agar ada upaya untuk peningkatan pengetahuan dan kesempatannya untuk berkembang.

  1. Ciptakan suasana kerja yang nyaman

Suasana kerja yang nyaman bagi setiap orang berbeda-beda. Maka agar semua anggota merasa nyaman, tanamkan bahwa saling menghargai dan memahami dalam menciptakan kenyamanan itu indah karena dapat mendukung terselesainya tugas secara tepat waktu.

  1. Kenali kekurangan dan kelebihan mereka

Setiap pekerja tentu memiliki kelebihan dan kekurangan dalam diri mereka, hal ini merupakan poin penting. Karena dengan mengenali setiap potensi dari tim Anda hal tersebut akan memudahkan Anda untuk membentuk skala prioritas dan deskripsi untuk masing-masing anggota. Pastikan Anda memberi job desk sesuai dengan kemampuan mereka dan jangan pernah melampaui kapasita mereka. Nah, inilah yang menjadi kunci utama kesuksesan tim kerja Anda.

Tips Membentuk Tim Kerja yang Solid

Selain itu, hal ini juga dapat membantu masing-masing individu merasa dianggap dan apa yang selama ini ia kerjakan membuahkan hasil yang baik. Dan sebaliknya, jika anda tidak mengapresiasi hasil kerja mereka maka yang akan terjadi adalah lama-kelamaan solidaritas pada tim anda akan memudar.

Mengenal dan menghargai satu sama lain dalam sebuah team adalah keharusan. Apalagi jika dalam sebuah team terjadi perdebatan, jangan dihindari, tapi segera diatasi dengan solusi terbaik. Dengan begitu, team yang kuat akan terbentuk dengan sendirinya dan akan semakin tumbuh seiring berkembangnya bisnis anda.

Share informasi ini yuk…!! Mungkin informasi ini bermanfaat untuk sahabat anda. #sharetocare  🙂

kelbion - Kelas Bisnis Online
Silahkan Komen Disini
kelbion - kelas bisnis online
error: Hayoo...Mau Ngapain !! :D