Tips Memilih Asuransi Pensiun

Tips Memilih Asuransi Pensiun
cara meningkatkan bisnis

Tips Memilih Asuransi Pensiun. Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mempersiapkan dana pensiun, seperti mengikuti program sebuah asuransi hari tua, mengikuti program pensiun oleh Jamsostek, mengikuti program pensiun oleh perusahaan dana pensiun, dan bisa juga mempersiapkannya sendiri.

Nah, bagi anda yang mau menentukannya sendiri, berikut sejumlah tips memilih asuransi pensiun.

meningkatkan omzet bisnis

Tips Memilih Asuransi Pensiun

  • Belilah prduk asuransi dari sebuah perusahaan asuransi yang lumayan terkenal serta sudah lama berdirinya, sebab umumnya nama besar sebuah perusahaan bisa menunjukkan kualitas serta keamanan pelayanan yang diberikan. Lama berdirinya sebuah perusahaan asuransi menunjukkan kemampuan dari perusahaan asuransi tersebut untuk membayar klaim dari nasabahnya.
  • Pertimbangan memilih asuransi pensiun yang kedua ialah melihat kemampuan finansial dari perusahaan asuransi, khususnya Risk Based Claim atau RBC yang menggambarkan besarnya kemampuan sebuah perusahaan asuransi untuk membayar klai nasabahnya. Semakin tinggi RBC nya maka akan semakin baik pula.
  • Tips memilih asuransi pensiun selanjutnya ialah membaca polis yang ada. Bacalah polis asuransinya secara seksama dan detail, jika ada yang anda tidak jelas maka segeralah tanyakan pada agen anda.
  • Perhatikanlah return hasil dari investasinya. Kemanakah perusahaan asuransi akan menginvestasikan uang anda? Deri semua premi yang sudah anda bayarkan di setiap waktu tertentu, pihak perusahaan asuransi dengan manajer investasi mengelola dana yang sudah terkumpul dari semua nasabah asuransi untuk hari tua di dalam berbagai produk investasi. Kalau manager investasi konservatif, umumnya pilihan produk investasi juga konservatif ataupun berisiko rendah sama halnya dengan deposito, tabungan atau SBI yang terpenting tetap bisa return investasi meskipun tidak terlalu besar.

Kalau kebijakan manajer investasinya yang lebih moderat, maka untuk pilihan produk investasinya juga dapat menjadi lebih moderat ataupun lebih berisiko tetapi diimbangi dengan return investasi yang menjadi lebih tinggi, tidak hanya deposito, tabungan atau SBI mungkin bisa juga ditempatkan dalam obligasi pemerintah ataupun swasta.

Dengan logika, tips memilih asuransi hari tua yakni semakin konservatif sebuah pilihan produk investasi maka return investasi juga akan semakin kecil, dan semakin moderatnya pilihan produk investasinya maka akan semakin tinggi return hasil investasi tersebut.

Tinggal anda yang memilih tipe investasi seperti apakah anda? Yang moderat ataukah yang konservatif. Kemudian barulah anda cari perusahaan asuransi yang memiliki kebijakan investasi sesuai dengan karakter anda di dalam berinvestasi.

5. Tips memilih asuransi pensiun selanjutnya ialah besaran premi. Tidak semua premi yang sudah dibayarkan diinvestasikan kembali oleh sebuah perusahaan asuransi, sebab anda juga diharuskan membayar asuransi jiwa dengan program pensiun tersebut, maka preminya akan menjadi mahal.

Semakin banyak yang dibayarkan untuk asuransi jiwa tentunya akan mengurangi besarnya jumlah investasi anda. Maka carilah porsi pembayaran asuransi jiwa dengan premi yang sudah dibayarkan yang wajar menurut anda.

Tips Memilih Asuransi Pensiun

Itulah tips memilih asuransi pensiun yang bisa anda ambil agar tidak salah  dalam menentukan pilihan. Semoga informasi ini bermanfaat untuk anda ya.

kelbion - Kelas Bisnis Online
Silahkan Komen Disini
kelbion - kelas bisnis online
error: Hayoo...Mau Ngapain !! :D